Posted by: Akh Yuli | 24 May 2008

PERAN PENDAMPINGAN

TPT Budidaya

SURAT EDARAN MENTERI KEUANGAN TURUN, TPT LUPAKAN TRAGEDI DPM 2007

Surat Edaran Menteri Keuanagan untuk mencairkan dana BPUPB / BANSOS telah turun. Hal ini tentu melegakan TPT ynag melakukan pendampingan di lokasi kawasan pengembangan Budidaya Perikanan. Surat ini menjadi dasar bagi Ditjen Budidaya kelak untuk memastikan bahwa Program BPUPB TA 2008 segera berjalan. Diharapkan setelah keluarnya SE Menkeu ini akan segera disusul keluarnya JUKLAK BPUPB yang sekarang dalam tahap penyempurnaan.

Identifikasi dan Verifikasi kepada Calon Lokasi dan Calon Penerima program ini ditindaklanjuti oleh TPT masing – masin dareh guna kelancaran administrasi pencaiarn Bnasos ini. Selain CL / CP ,persyaratan lain yang tidak kalh penting adalah BAP verifikasi, SK Pencairan Bansos, Surat pernyataan UPP dan masih bayak lagi seperti yang tercantum pada Konsep Juklak yang diterima oleh peserat Pelatihan waktu itu.

Direktorat Budidaya diharapkan mampu segera realisasaikan perturan pelaksanaan bansos ( juklak ) yang mungkin bisa menjadi pegangan bagi para TPT dI DAERAH

KEGIATAN APRESIASI PERKOPERASIAN SYARIAH

Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Tim Muamalat Center Indonesia (TMC) Yoyakarta mengadakan “Apresiasi Perkopersaian Syariah Bagi UPP di Jawa Timur.” Acara dilaksanakan pada 10 – 12 Juni 2008 dan bertempat di Hotel Utami, Sidoarjo. Kegiatan ini sangat ditunggu oleh UPP-UPP didaerah yang telah haus akan informasi keuangan Syriah. Hal ini dikarenakan sistem ini terbukti ampuh lewati krisis yang pernah memporak – porandakan negeri ini.

” Keuangan syariah sangat berpotensi berkembang di masa depan ” ungkap Mirun, anggota UPP Mina Mukti Kabupaten Ngawi dari Pokdakan Tirta Sejahtera saat ditemui TPT. UPP Mina Mukti yang beranggotakan 22 Pokdakan dari seluruh penjuru Ngawi dan berdiri sejak 2006 telah lama membudidayakan berbagai komoditas perikanan terutama lele. Dalam perkembangnnya keterbatasan modal menjadi kendala dalam memaksimalan potensi yang ada. Dengan adanya kegiatan ini di harapkan mampu menjawab persoalan yang ada. Karena masyarakat sangat antusias sekali terhadap pola keuangan syriah yang ada selama ini. Di Kabupaten Ngawi yang masyarakatnya sangat religius mendambakan sekali hadirnya lembaga keuangan syariah.

Benang merah di lapangan dari beberapa petani yang berhasi ditemui TPT atas kegiatan ini adalah diharapkan dari pihak TMC bersedia mentranformasikan ilmunya untuk bisa diterapkan didaerah masing- masing hingga petani mampu mandiri mengelola keuangannya melalui sistem syariah.

SEKAPUR SIRIH TPT DIREKTORAT JEDERAL PERIKANAN BUDIDAYA DKP.

Tenaga Pendamping Teknologi adalah petugas teknis yang ditugaskan oleh direktorat jendral perikanan budidaya guna mendampingi para pembudidaya ikan untuk meningkatkan usaha perikanannya.

1. SEBAGAI PATNER
Yang setia mendengarkan, memahami dan mendampingi para pembudidaya ikan dalam melakukan aktivitas usahanya

2. SEBAGAI MOTIVATOR
Yang selalu membantu dan mendorong pembudidaya untuk bekerja keras, Menerapkan teknologi maju dan mengelola usahanya dengan baik

3. SEBAGAI INOVATOR
Yang selalu mengajak para pembudidaya untuk melakukan inovasi teknologi baru yang lebih efisien, produktif dan menguntungkan

4. SEBAGAI PENGAJAR
Yang memberikan penjelasan program pemberdayaan dan pengembangan kawasan budidaya, mengajarkan teknik-teknik budidaya ikan yang dianjurkan, mengarahan pemanfaatan bantuan modal untuk usaha produktif, mengikuti pertemuan kelompok pembudidaya ikan dan

5. SEBAGAI FASILITATOR
Yang memfasilitasi segala macam keluhan dan kekurangan pembudidaya ikan untuk di bimbing dan di bina ke arah yang lebih baik dan maju sampai berhasil.

6. SEBAGAI EVALUATOR
Yang melakukan pengamatan dan evaluasi untuk dilaporkan sebagai bahan pertimbangan pembinaan dan penyempurnaan kegiatan kedepan.


Responses

  1. Mas, kapan berkunjung ke papua untuk mengadakan pelatihan kepada kami🙂

  2. Teman-teman yang memang mau berbagi pengalaman dan menjaga agar silaturahmi tetap terjaga antara TPT, sebaiknya lebih sering membuka web ini.
    kalo punya pengalaman menarik di lapangan dan bisa dishare baik berupa foto/gambar. dimuat saja.oke?

  3. gimana hasil dari palembang?,SE BPUPB kapan jadinya ya???

  4. itu TPT ngawi jd wartawan jg?boleh tuh diliput kegiatan TPT kudus..penuh perjuangan… apel j 7 page

  5. menurut kalian gimana perkembangan Perikanan Budidaya di Wilayah Indonesia khususnya di daerah Timur Indonesia…..????
    apa yang menjadi kendala disana dan langkah apa yang perlu ditempuh untuk mengembangkan perikanan budidaya di daerah Timur Indonesia……!!!

  6. sebagai info buat teman2 TPT Pusat. akhirx aq benar2 merasakan bagaimana kita sangat diperlukan di daerah pengemabngan. saya banyak bekerja sama dengan pihak lain dalam pemberdayaan pembudidaya khususx rumput laut.saaat ini dibekerjasma denagn BAPPEDA Kab.Bulukumba dalam pemberdayaan RL. ada dana yang di plot dari kementrian percepatan pembangunan daerah tertinggal, teman2 TPT bisa kog mencari info di Bappeda stempat. siapa tau bisa diminta sebagai tim teknisx Bappeda.

    coba aj semua jalur yang bisa dimamfaatkan selaam itu memberi dampak positif buat teman2.
    oke?

    kalo teman2 mau mencari info tentang kegiatan masing 2 daerah pengembangan, bisa ditanya.
    atau ada peluang bisnis yang bisa dikembangkan.

    Untuk TPT Jawa Timur, bisa dapat info penampung rumput laut E.Cottoni dengan harga nego.ok?

  7. mas ada lowongan kerja gak

  8. Ya……….. segera
    Saya sendiri pengeein ketemu teman – teman Papua………..
    Semoga Kerinduan Di Tanah Cendrawasih Kesayangan Kita Segera ter kabul oleh pusat………..

  9. hai teman2 se perjuangan gmna kbrx ap shat2 aj kangen nih kepingin ngumpul bareng am teman-teman seperjuangan

  10. Mas, kapan dananya cair?

  11. trus gimana mas,, proses pencarian dana sudah bisa duilakukan apa belum…!!!!! mas kalau ada informasi menganai pencairan dana tolong di informasikan. makasih….

  12. hai…aq tpt kab.barru sulsel…oke banget lho idenya buat website untuk teman2 tpt sebagai sarana curhat n bertukar informasi…
    pengen deh ketemuan teman2 tpt seluruh indonesia..tp sayang kita2 slalu d bagi berdasarkan kawasan…

  13. eh kawan saya tara mengerti, kasi tau dulu ka cara memasukkan info sama foto2

  14. hati2 dgn pncairan dna bansos krn riskan dgn interfensi dr pihak2 at oknum yg ingin memanfaatkan dna ini.apalagi skrng mnjelang pemilu 2009 dhrpkan tman2 ttp brpengan tguh pada juklak yg ada.ttp slm am smua TPT2 yg ada..selamat bertugas….Salam perjuangan.

  15. Alhamdulillah… akhirnya Bansos BPUPB ada kejelasan.
    Untuk menyamakan fisi/misi n menambah wawasan para TPT kaya’nya lebih bagus kalo para TPT plus DJPB sering mengadakan pertemuan….

  16. Qu tpt ’07 toba samosir, Sumut.. Aq baru tau ne.. trnyata ada website tpt budidaya.. Smoga dgn adanya website ne tpt sluruh indonesia tetap kompak dan bs saling tukar info dan saling bantu/share dlm mnghadapi segala permasalahan di lapangan.. Salam kenal teman2ku semua.. Do the best.. Sama2 kt bangun perikanan budidaya ne.. Lakukan sgala pekerjaanmu dgn doa dan ikhlas,maka sgala permasalahan dan keputusan yg km ambil akan diberkati dan diberi kemudahan olehNya.. Go TPT.. Chayoo oya..buat mba’ku amel pratama sari,tpt sidoarjo,MSP 01,UNBRAW, slamat ya atas pernikahannya,smoga langgeng sampai hari tua nanti.. Tuhan memberkati kita semua

  17. haiii

  18. Salam TPT……..
    Ada banyak hal yang masih menjadi tanda tanya tentang BS-PUKPB ini. Terutama tentang sistem penyaluran dan pemanfaatan dana bagi kelompok dan anggota. Selain lebih berdaya guna dan berkelanjutan, juga diharapkan dana ini sebagai stimulan pemberdayaan budidaya. ya walau cuma kecil nilainya bagi satu satuan nilai paket. tapi juga sangat bermanfaat. Tanpa adanya sistem yang lebih baik, dengan dana langsung diberikan ke petani kemungkinan akan banyak terjadi penyimpangan dan kurang tepat sasaran bagi tujuan budidaya. Sistem perkoperasian dan syariah sepertinya lebih baik. Tapi bagaimana cara dan teknisnya?… Mohon bagi kawan2 atau pihak DJPB atau juga instansi lain yang lebih tau dapat memberi masukan/cara. Terima kasih… Selamat berjuang kawan2 TPT demi PERIKANAN Indonesia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: