Tentang Kami

Tenaga Pendamping Teknologi adalah petugas teknis yang ditugaskan oleh direktorat jendral perikanan budidaya guna mendampingi para pembudidaya ikan untuk meningkatkan usaha perikanannya.

LAPORAN KEGIATAN PERKOPERASIAN SYARIAH BAGI UPP SE JAWA TIMUR

Apreasiasi Perkoperasian Syariah yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Dan Kelautan Propinsi Jawa Timur tanggal 10 – 12 Juni 2008 berjalan dengan sukses. Seiring dengan diundangkannya UU Perbankan Syariah pada bulan ini oleh Anggota Dewan Kita yang Terhormat akan lebih mendorong sistem keuangan berbasis syariah yang telah lama ditunggu para pelaku perbankan.

Jawa Timur pada tahun 2007 menyumbang 25,7 % dari total ekspor perikanan secara Nasional. Hal ini menunjukkan potensi yang begitu besar di daerah Jawa Timur dengan keanekaragaman kondisi daerahnya. Komoditas yang dihasilkan pun telah begitu legendaris seperti Mujair dan Karper Punten. Acara yang di buka oleh Wakil Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Propinsi Jatim ini bertujuan

1. UPP dan TPT mengerti dan memehami Perkoperasian Syariah

2. UPP dengan bantuan TPT mempunyai Unit Usaha tersendiri yaitu Koperasi Syariah

3. Penguatan kelembagaan UPP Se Jawa Timur

Dalam sambutannya, Kasubdit Permodalan Dan Investasi Ditjen Perikanan Budidaya berharap peningkatan pertumbuhan perikanan Nasional sebesar 40 % dapat tercapi pada tahun 2009. Kepada TPT Beliau mengharapkan agar lebih “PD” DAN ” BERANI “dalam melakukan tugasnya dengan memahami betul permasalahan yang ada di petani. Hal ini terkait dengan pembinaan Pokdakan ynag bisa di maksimalkan. Dalam hal pengembangan usaha budidaya Beliau menekankan pada 5 (lima)hal:

1. Orientasi dorongan pasar ( Market Driven Oriented )

2. Dapat dikelola secara ekonomis ( Managable )

3. Partisipasi masyarakat pembudidaya ikan ( Particiatory )

4. Ketrerpaduan sistem usaha budidaya ( integrated sysem )

5. Kelengkapan saran dan prasarana ( Infrastucture Capacity )

Prnisip dasar tersebut diharapkn mampu meningkatkan pertumbuhan perikanan Nasional, untuk itu perlu usaha berbasis kelompok. Dalam realisasinya, Dinas terkait dibantu Unit Pelayan Dan Pengembangan ( UPP ) Budidaya Perikanan yang menjadi mitra strategis dalam pembinaan petani. Orientasi pemasaran yang dibangun di kalangan petani diharapkakan mampu memenuhi pasar ekspor. Diharapkan muncul peta-peta andalan produksi perikanan pada tiap- tiap daerah di seluruh indonesia. Dalam pengembangan perikanan ini dukungan lembaga keuangan sangat diharapkan tidak terkecuali Per bankan Syariah, karena diharapakan mampu menjebatani permasalahan permodalan yang selama ni di hadapi petani.

Potensi yang ada di UPP seperti simpan pinjam diharapkan dapat diberdayakan menjadi lembaga keuangan yang berbadan hukum. Hal ini terkait dengan pola penyaluran dana yang di harapkan oleh Perbankan dimana perbankan akan lebih tertarik bila bermitra dengan lembaga keuangan Mikro.

Lembaga Keuangan Syariah merupakan solusiyang diharapkan mampu menjadi channelling bagi perbankan untuk menyalurkan dananya. Untuk itu perlu kiranya UPP didaerah dapat di fasilitasi untuk membuat lembaga ini. Dinas setempat dapat beperan sebagai pembina dan pengawas lembaga ini.

Koperasi Jasa Keuangan Syariah merupakan bentuk ideal yang dapat diterapkan UPPuntuk lebihmaju dalam mengelola keuangannya. Kurangnya SDM dalam mengelola koperasi ini diharapkan dapat teratasi dengan adanya pendampingan dari Lembaga Manajemen Keuangan Syariah.

Dengan dukungan berbagai pihak diharapkan kemandirian dalam pengelo laan keuangannya. Ke depan Lembaga Keuangan mikro diharapkan mampu menggantikan fungsi perbankan dalam menyalurkan dananya pada usaha mikro dan menegah yang banyak terdapat di Indonesia.

Responses

  1. Kurang lengkap😦

  2. i will support you my brother,jangan menyerah…..indonesia butuh kita…..pemuda dan pemudi TPT, jayalah indonesia,majulah perikanan budidaya…..MERDEKA…!!!!!!!,INFO NGANJUK SIAP BROOOO…4JJl akbar

  3. Alhamdulillah…dah punya tempat to diskusi sesama teman-teman tpt…. bermanfaat n jd tambah SERU DeH!!!!

  4. oke banget deh, ni yang saya tunggu2, info yang secepatnya bisa terakses, buat2 rekan2 TPT tolong usahin laptop langsung akses internet, nanti biar info dari pembudidaya di masing2 kawasan bisa kangsung terakses, jangan ketinggaln terus jlo pengen negri ini maju.

  5. Moga2 honornya dinaikkan dan tidak telat2… kasian..

  6. kl ditambah dengan artikel-artikel tentang budidaya gmn? ato program kegiatan dari temen2 TPT yang udah jalan.
    sptnya lebih ok

  7. Assmualaikum Wr.Wb
    Yo ngene rek sing rodo maju ojo gelem ketinggalan karo sing liyane. aku sueneng puol lek ngene kan iso nyambung tali silaturahmi, ojo pas pelatihan ae dadi konco lek ono wadah ngene kan yo iso diterusne sukur sukur sing gurung duwe pacar iso golek neng kene. he he he. ayo tpt sak indonesia ngumpul bareng neng kene iki sek tunas mangkane ayo bareng-bareng digedekne ben iso dadi gede lan nguwoh, engko lek metu uwohe kan iso dipangan bareng-bareng piye gelem ra.

  8. “SELAMAT” atas diluncurknx situs tptbudidaya ini, Moga membawa bnyk manfaat dlm rangka menjalin SILATURAHMI u/ memajukan dunia perikanan, khususx budidaya.
    Ayooooo…u/ teman2 TPT sll bersemangat dalam bekerja.
    Mari Qta brkangen-kangenan, bertukar informasi & brdiskusi ttng kawasan yang Qta dampingi.
    Selamat berjuang pahlawan Qu, Jayalah sll TPT yesssssss…………
    By : TPT Kota Palembang

  9. “SELAMAT” yeeeee…..u/ situsx,
    Mudah2n akan lebih lengkap dan bagus.Soo, bnyak nanti manfaat yg akan kita dapat.
    Salam KOMPAK sll u/teman2 TPT di seluruh Indonesia, dari A ampe Z baik di kawasan air laut, payau maupun tawar.
    Bekerjalh dgn baik, Moga bermanfaat u/ kita.
    Ditunggu yaaa…info2 nya*****
    By : TPT Kab. Tulang Bawang, Lampung.

  10. wahhhhhh…TPT selangkah lebih maju……thx buat mas yuli…..tambahkan kontaknya mas……….

  11. seeep jangan sampai TPT di daerah terpencil sprti saya ini gaptek.motivasi trus yg laen kita sama2 berjuang untuk dapat BSPUPB…..bloggermu cukup lumayan trus tingkatkan bro…..aku harap yg laen juga bisa membuat bloggfer untuk dapat diakses dari daerah lain

  12. mana kegiatan para TPT di tiap kabupaten, harusnya adanya web site ini bisa jadi ajang apresiasi para TPT di tiap kabupaten.

  13. assalamualaikum;alhamdulillah dgn hadirnya web ini dihrp bisa mjd media alternatif yg memberikan manfaat untuk pengembangan sdm dr tpt.

  14. belum lengkap

  15. Cukup bagus. tapi alangkah baiknya nama-nama peserta pelatuhannya dicantumkan juga…!!!!!!Good Luck

  16. Kita sesama TPT harus sering sharing…….terutama tentang masalah dilapangan.

  17. aku sudah buka tp ms tidak tau cara kirim2 salam di sini ajari dong caranya

  18. Assalamu Alaikum……..
    Numpang….Numpang……..
    Alhamdulillah…….ni perlu di rayax ni……..
    bgslah ntuk media sharing n temu kangen x y….
    semangt truz brooo……….
    Cahyooooooooo…..
    Wassalam….

  19. Hi… TPT Community
    Do u have Friendster??
    If u have, join me at siscasianturi@yahoo.com
    aq pengen kenal lebih dekat lagi dengan kalian semua TPT dari seluruh Indonesia..
    God Bless

  20. slamt jalan isnadah ke luwuk banggai smoga dperjalanan tidak tjadi apa2 sama kita dan jangan pernah kau lupakan aku waktu kita sama2 dpalu jalan-jalan di tamanria r dan jembatan emas dan smoga tekadmu dlm mpjuangkan proses pcairan bansos

  21. hai nada…………!sorry ces tena kubarakko inrangku Rikau sama tpt parigi aja atau sama pak muis oke.

    hai hanaping……! jgn tlalu banyak cewek yang kau garap dsitu dank, bagi2 sama tpt palu.

    aku pengen knalan dgn tpt sluruh indonesia terutama sisca tpt samosir ama tpt batam Sitti fatima boleh ngga……….?tptkotapalu_uchu@yahoo.com

  22. seru juga lho kalau masing-masing personel tpt punya friendster. jadi kita bisa ngenal tpt se Indonesia. apalagi di friendster kan ada fotonya. bisa nampilin foto-foto kegitan di masing-masing daerah. yah, walaupun nasib kita habis ini tidak jelas.

  23. Ass.Wr.Wb
    Salam kenal yah buat teman2 tpt seluruh indonesia……..tetap semangat melanjutkan pekerjaan ini….. GOOD LUCK

  24. Asslm. Wr.Wb

    Kepada teman2 tpt di seluruh Indonesia…..
    SIAP-SIAP…siapkan dan rapikan pakaian…
    Kontrak udah mau habiiiiis….

  25. Lagi Pusing Mas

  26. Ass. Wr. Wb
    Salam kenal dan kompak selalu untuk TPT seluruh Indonesia moga2 perjuangan kita di lapangan lancar aja, syukur2 klo nasib kitorang sebagai TPT dapat kejelasan dari DKP apalagi menurut kabar kitorang sdh dialihkan ke BPSDM.
    Sekedar info bagi tmn2 TPT, menurut kabar, sebelum perpanjangan kontrak akan ada registrasi ulang, tes dan relokasi penempatan tp blm tau kpn coz di pst msh sbk dgn APBN 2008 , ockay!
    Buat TPT alumni POLITANI salam rindu slalu……..

  27. salut………………….
    sukses buat semua tpt di indonesia, jangan lupa sering jalin komunikasi dan hubungan.
    dan tidak menutup kemungkinan sesama tpt bisa jadi rekan bisnis di dunia perikanan budidaya!

  28. ass…..
    Halo smua sobat TPT di seluruh jagad….
    kapan ni ada info pendaftaran calon TPT baru buat kita-kita di tahun 2009. Kalo ada, bagi-bagi infonya Y…biar kita bisa gabung n than bisa bekerjasama tuk kemajuan DUNIA PERIKANAN.
    H I D U P…….P E R I K A N A N…..

  29. ” Let’s Go Blue “

  30. Wah blognya kok jadi Rame ya Akhi? tapi kalo ada kommentar yang masuk tolong di approve sendiri ya. coz kadang2 aku lupa ngapprove cooment yang masuk dari beberapa Blog.🙂

  31. Assalamu Alaikum Wr.wb.
    Pa Kabar friend ? Gimana neeh rasanya udah jadi bagian dari BPSDM sebagai PPTK perikanan budidaya, ada rasa yang beda gak, kalo aku sih sukanya rasa strowberry hehehe….
    Buat Tpt Sul-Sel terutama Irma, Meta, Atni, Ija & K’ Nash jangan terlalu banyak karaoke di NAV ntar suaranya habis hehehehe….
    Tetap semangat ya friend…… jayalah Indonesiaku

  32. kapan penerimaan pptk lagi..??????????
    terimakasih..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: